Jumat, 30 Oktober 2015

Batu ujian kepemimpinan sejati: saat krisis dan bencana! (Disaster, True Test of Leadership)



Smart Emotion Radiotalk, 29 Oktober 2015

Persoalan asap sedang terjadi. Belum lagi ditambah krisis ekonomi. Para pemimpin di Indonesia mengalami batu ujian yang luar biasa beratnya. Begitu pula dalam kepemimpinan organisasi. Kepemimpinan juga diuji pada saat organisasi menghadapi masalah, krisis, ataupun bencanaDisitulah akan kelihatan kualitas seorang leader yang sesungguhnya. Oleh karena itu, dalam bukunya Primal Leadership, penulis Daniel Goleman mengatakan, “Ukuran terpenting seorang leader adalah tatkala krisis melanda organisasinya karena semua akan berpaling padanya”. Radiotalk kali ini ingin mengajak Anda merefleksikan soal kepemimpinan pada masa-masa sulit. Kita akan dengarkan inspirasi dari kisah-kisah leader yang dengan tangguh membawa timnya sukses melewati krisis. Dan bagaimana pula contoh pemimpin yang gagal melakukannya?



Boleh Mulai dari Kisah Inspiratif nggak, mengapa Bencana Dianggap Ujian Terpenting Kepemimpinan?
·         SoundView, dipimpin oleh Mark Loehr.  Kejadian tragis 11 September di WTC, kantornya hancur. Banyak yang meninggal, Mark Loehr secara khusus memberikan waktunya untuk dengarkan sharing perasaan karyawan. Tiap malam jam 21.45, Mark Loehr menulis email pribadi kepada semua keluarga karyawan yang meninggal, dan juga sahabatnya.  Trus, Mark Loehr putuskan 1 hari, semua profit perusahaan disumbangkan untuk karyawan yang terkena musibah. Terkumpul: 6 juta dollar, padahal biasanya profit mereka cuma setengah atau 1 juta dollar saja! Para karyawan bahkan customer, begitu bersimpati dengan apa yang dilakukan oleh SoundView.
·         Daniel Goleman bilang, Dalam kondisi kritis, semua orang berpaling kepada pemimpin untuk mendapatkan support emosional. Pastikan, jika Anda seorang pemimpin, Anda memberikannya pada saat-saat kritis seperti itu”
·         Contoh kebalikan dari kisah Mark Loehr. Di Bulan Januari 2012, Kapal Concordia mengalami kecelakaan, menabrak karang. Kapten Francesco Schettino langsung kabur begitu kapal kandas padahal para penumpangnya masih terlantar. Puluhan orang akhirnya meninggal sampai si Kapten tersebut dijuluki: Kapten Pengecut!

Hubungan Masalah Asap Dengan Kepemimpinan?
·         Asap ini terjadi setiap tahun (bakalan terjadi lagi!) tetapi kali ini memang yang terparah.
·         So predictable! Tapi ini menunjukkan betapa tidak belajarnya kita
·         “Asap berlalu, bahaya dilupakan!” (very very short term memory). Saat asap kayak begini terjadi semua berkomentar dan berpendapat, tetapi hanya sedikit yang dilakukan!
·         Disaster & Crisis Management: kita bagus dalam menghadapi krisis (karena terbiasa) tetapi buruk dalam pencegahannya!
·         Justru karakter pemimpin dilihat dari sikap dia saat krisis seperti ini!

Apa Inti Disaster ataupun Crisis Management?
·         Crisis = Keputusan (bahasa Yunani)
·         Contoh kisah yang tak terlupakan, waktu Gempa Bumi & Tsunami di Jepang, dan juga Chile
o   Jepang dijuluki world leader in Disaster Management!
o   Buku: Leadership Dispatches: Chile’s Extraordinary Comeback from Disaster karya Wharton Professor.  Februari 2010, Chile mengalami gempa bumi dahsyat! Dalam 6 minggu mulai normal! Dipimpin oleh Sebastian Pinera, orang berlatar bisnis, “Kita harus membangun dan membangun yang lebih baik lagi!”

Crisis atau Disaster Management itu apa?
·         Kemampuan organisasi ataupun personal menghadapi berbagai situasi yang mengancam (mulai dari ancaman keselamatan hingga ke ancaman reputasi)
o   Ancaman keselamatan: asap, banjir, gampa, hingga ancaman manusiawi: bom, teroris
o   Ancaman reputasi: salah produk, tarik kembali
o   Jadi ada Crisis dua: kolektif (termasuk organisasi, negara), dan ada yang personal (individu)

Penelepon:
Sigit – Surabaya
Pemimpin yang saya idolakan adalah pemimpin dari MediFarma, kita tidak menyampaikan sedang krisis tetapi dia sudah tanggap, seperti saat banjir di Jakarta, tanpa diminta dia memberikan bantuan, dan waktu krisis tahun 1998, saat banyak demo, kita dianjurkan jangan demo, kita diberikan tunjangan.

Elang – Jakarta
Di Jepang ada Budaya kalau pemimpin gagal mengundurkan diri, is good or bad?? Karena kalau sampai terjadi sesuatu, pemimpin yang bertanggung jawab apakah dia harus stay atau harus mundur?
Jawaban: Upayakan maksimal (Do Your Best) atau jika benar-benar tidak bisa, Pemimpin harus rendah hati untuk berkata “I’m not capable”. Mungkin ada orang yang lebih capable untuk menyelesaikan suatu krisis.

Biasanya Sikap Pemimpin Seperti Apa?
·         Sikap Pemimpin:
(1) melarikan diri; (2) menyalahkan; (3) menenangkan; (4) mencari solusi; (5) menguatkan; (6) mengantisipasi!

Contoh menanggulangi disasater/crisis yang bagus, yang ditunjukkan organisasi! Kasus TYLENOL!
·         Tylenol, tahun 1982, extra strength Tylenol menyebabkan 7 orang di Chicago mati setelah minum obat itu.
·         Penyebab: sianida 95mg, dosisnya 10.000 kali dosis yang sanggup bikin orang mati!
·         31 juta botol langsung ditarik, perusahaan rugi 100juta US$, Iklan diumumkan, packaging diubah, kupon belanja diberikan
·         Market share sempat turun dari 35 menjadi 7% tetapi hanya dalam setahun reputasinya kembali!
·         Orang dan dunia bertepuk tangan untuk Johnson & Johnson

Sikap Pemimpin menghadapi Krisis dan Bencana?
·         Tips #1: Dalam kondisi krisis, kehadiran pemimpin itu saja sudah cukup mengobati!
·         Tips #2: Mulai dari hal-hal yang penting, yang bisa akibatkan korban, Itu dulu dibereskan!
·         Tips #3: Bagaimana koordinasikan pihak yang bisa diajak kerjasama?
·         Tips #4: Tentukan bagaimana cara recovery dari yang terjadi? Bagaimana recovery sekaligus mencegah?
·         Tips #5: Setelah selesai, visi ke depan harus bagaimana? Bagaimana aturan main akan diubah?

“Kualitas terbaik seorang pemipin diuji, saat bencana terjadi. Bukan pada saat piala dan pujian diberikan. Tetapi banyak pemimpin yang tampil dengan gagah saat menerima hadiah dan piagam, tapi tatkala krisis dan bencana, mereka entah lari kemana!”

0 komentar:

Posting Komentar