Judul : BECOMING A STAR EMPLOYEE
Penulis: Anthony Dio Martin
Ukuran: 13,5 x 20 Cm
Tebal : 252 Halaman
Apakah Anda seorang karyawan yang sudah lama bekerja tapi stuck di posisi karir saat ini ?
Apa sich yang dimaksud dengan menjadi karyawan STAR? Apakah aku juga bisa menjadi seorang karyawan STAR ?
Apakah Anda seorang atasan yang mempunyai anak buah yang kurang produktif dalam team kerja?
….. dan tentu masih banyak pertanyaan lainnya.
Telah terbit buku “ Becoming A STAR Employee “, Karya terbaru Anthony
Dio Martin, “ THE BEST EQ TRAINER INDONESIA”. Sebuah buku yang
merupakan cetakan ulang dari judul “ Management Intrapreneurship”, 2003.
Dalam buku ini, Anda akan mendapatkan sharing, tips, dan kisah yang
dapat Anda aplikasikan di kehidupan sehari – hari dalam mengembangkan 7
displin ( Personal Mastery, Personal Contribution, Personal
Learning, Personal Multipreneurship, Team Mentality, Emotional Mastery,
dan Personal Enthusiasm ) untuk menjadi seorang STAR EMPLOYEE !!
Buku “ Becoming A STAR Employee “ lahir untuk memberikan inspirasi
kepada Anda, bagaimana bekerja di kantor, di perusahaan, di pabrik atau
di organisasi manapun. Intinya, bekerja bagi orang lain pun bisa
menyenangkan dan Anda pun juga bisa menjadi karyawan handal serta mampu
mencapai hasil yang maksimal ditempat kerja. Banya contoh karyawan
sukses yang bisa Anda pelajari profilnya disini!
Dalam buku ini, Anda akan menemukan ide – ide seperti “ jangan
sekedar membangun loyalitas kepada perusahaan, tetapi loyallah kepada
profesi Anda “, dan berbagai ide lainnya. Nyatanya, ada sebuah kalimat
menarik disini, “Jika Anda tidak becus menjadi karyawan, maka Anda pun
tidak akan becus saat menjalankan bisnis Anda sendiri”. Sayangnya,
banyak orang yang saat menjadi karyawan, pola pikirnya, “Ngapain kerja bagus, yang kayak kan bossnya, bukan saya. Tunggu saya punya bisnis sendiri, barulah saya akan bekerja maksimal”.
Namun, kenyataannya tatkala ia memutuskan berbisnis, akhirnya justru
kegagalan yang diraihnya karena mentalnya sudah salah sejak ia menjadi
karyawan. Disinilah buku ini memberikan inspirasi yang sungguh menohok
bagi karyawan yang pola pikirnya salah ataupun setengah-setengah, dalam
bekerja.
Dalam buku inipun disebutkan soal statistic yang mengatakan “ dalam
sebuah orgnisasi, biasanya ada sekitar 10% karyawan yang tergolong
deadwood (payah!), sekitar 80% lainnya tergolong “so-so” ( biasa aja!)
dan hanya 10% yang termasuk STAR (langka!) “ Padahal, ada sebuah formula
penting dalam organisasi, yaitu KARYAWAN STAR = CUSTOMER PUAS = PROFIT
!
Karena itulah, buku inipun rasanya menjadi buku wajib, bukan hanya
bagi karyawan tetapi juga buat para pebisnis. Seandainya para pebisnis
sungguh peduli dengan bisnisnya, maka buku ini seharuisnya disediakan
untuk dibaca oleh para karyawannya. Sungguh, hanya karyawan STARlah yang
bisa memberikan kontribusi maksimal buat orgaisasi!
Buku Yang Menantang Pola Pikir Kebanyakan Karyawan Selama Ini!
Di bagian awal buku ini, ada sebuah tantangan bagaimana seseorang
membuat dirinya menjadi dibutuhkan dan dindalkan oleh perusahaan.
Faktanya, banyak karyawan yang bergantung pada perusahaan. Hal ini
bukanlah sesuatu yang baik, apalagi ketergantungan ini sifatnya parasit.
Artinya, perusahaan harus membayar untuk karyawan yang sebenarnya tidak
punya keahlian khusus. Bahayanya, ketika tidak punya keahlian khusus,
sebenarnya yang paling teracam bukanlah perusahaan tetapisi karyawan
itu sendiri. Tatkala perusahaan bangkrut ataupum si karyawan itu harus
pindah ke tempat lain, sebenarnya ia tidak memiliki keahlian apapun yang
bisa diandalkan. Itulah sebabnya buku ini menyebutkan perlunya
membangun PERSONAL MASTERY.
Namun, suatu kemampuan (mastery) tidak lah berarti apapun tanpa adaya
kontribusi. Karena itulah pula, buku ini bicara soal kontribusi.
Bahkan, di awal buku ini, ada suatu kisah sindirian yang mengatakan
seorang “office boy” yang berkontribusi mungkin akan lebih barharga,
daripada seorang direktur yang tidak memberikan nilai tambah apapun di
kantor. Karena itulah, buku ini mengajak pembacanya untuk menilai
korntribusinya di kantor dengan suatu rumusan kontribusi.
Selanjutnya, disiplin berikutnya adalah menantang para karyawan untuk
tidak hanya berada di zone nyamannya tetapi senantiasa mengembangkan
diri. Disinilah karyawan yang STAR selalu upgrade dirinya, laksana mesin
atauun computer, dengan cara terus menerus belajar.
Dalam disiplin selanjutnya, dijelaskan bahwa karyawan harus berusaha
untuk “menyimak ilmu lain”. Disinilah perlunya disiplin
MULTIPRENEURSHIP. Bahkan, dikatakan bahwa seorang pimpinan perusahaan
minimal harus mengerti strategi yang terkait dengan finance, marketing,
SDM dan juga teknologi untuk berhasil. Karena itulah, mau tidak mau
seorang karyawan maupun pimpinan, harus mau mengembangkan ilmu lain di
luar bidang kemampuanya demi kemajuan perusahaan.
Selanjutnya, setelah mengembangkan dirinya, seorang karyawan harus
bermental team. Hal ini penting karena organisasi yang sukses, buknla
organisasi yang mengandalkan SUPERMAN, tetapi SUPER TEAM. Karena itulah,
sangat penting bagi karyawan untuk mengembangkan mentlitas bekerjasama
dengan orang lain dalam tim. Yang menarik dalam buku ini adalah kisah
tentang Maurice Wilson yang gagal mendaki puncak Mount Everest karena
hanya mengandalkan dirinya sendiri. Sungguh kisah yang amat inspiratif!
Lantas, dua disiplin lain yang dikupas terakhir adalah soal kemampuan
karyawan untuk menata emosinya serta tetap menjadi orang yang tetap
antusias dalam bekerja. Beberapa kisah dan ilustrasi menarik seperti
tempat jualan ikan Pike Place Fsh yang terkenal, turut menghiasi akhir
buku ini.
Dan sebagai bonus ekstra, di bagian penghujung buku juga dikupas satu
topic yang sangat up to date yakni beda generasi yang bekerja. Di
sinilah kupasa soal genarasi baby boomer, gen X, Gen Y, Gen Z serta Gen
Alpha, menjadi penutup yang menarik dari buku ini.
Sebagaimana testimonial serta endorsement yang diberikan terhadap
buku ini, maka buku dengan cover yang atraktif ini, memang pantas
menjadi bacaan dan koleksi setia perpusataakn perusahaan dan wajib
dimiliki oleh karyawan untu dibaca. Tatkala dibaca, And akan menemukan
buku ini ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti, banyak ilustrasi
cerita yang gampang dicerna dan selain itu, banyak pula tips dan
pembelajaran yang bisa diterapkan dalam kehidupan kerja Anda.
Be A STAR Employee at work!
Minggu, 09 Agustus 2015
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar