Kamis, 08 September 2011

Rangkuman Smart Emotion Radiotalk 8 September 2011 "Building Inner Peace!"


Building Your Inner Peace
(Important Lesson from Kung Fu Panda2)!
Smart Emotion Radiotalk, Bp Anthony Dio Martin, 8 September 2011

3 alasan Pak Martin memilih topik ini: film nya lagi ngetrend, baru habis lebaran dimana kita saling memaafkan (damai/ peace), dan adanya rencana training besar: Hypnotherapy  Plus.

Inspirasi topik ini datang dari cerita Kung Fu Panda 2. Si Panda harus turun gunung untuk menaklukkan penjahat yang memiliki senjata rahasia. Namun, si Panda harus menyelesaikan masalahnya dulu sebelum turun gunung. Ternyata, dulu keluarga Panda dibunuh oleh si Merak jahat. Setelah mengatasi masalah didalam dirinya, Panda berkelahi dengan lawannya dan menang.
Pesan moralnya:
Kalau kita mau mencapai sesuatu secara maksimal, maka selesaikan dulu masalah didalam diri kita

Didalam  diri kita ada bagian bagian ego yang berbeda beda, hasil dari pengalaman, memori masa lalu. Ada ego masa kecil, dewasa, ego orang tua (melarang, menasihati) yang terkadang saling bertentangan, yang menimbulkan konflik didalam diri kita. Ini yang menyebabkan tidak adanya inner peace (kedamaian didalam diri).

Tujuan Inner Peace:
1.    Membereskan diri kita dari sampah sampah  emosi (emotional garbage). Sampah ini  menjadi beban yang terus menerus membebani kita selama hidup!
2.    Menggali potensi diri kita.
Oprah Winfrey memiliki pengalaman dimasa remaja, dimana dia hamil dan menggugurkan kandungannya. Ini menimbulkan penyesalan mendalam dalam dirinya. Dia baru bisa optimal sampai menjadi pembicara talkshow hebat setelah dia berdamai dengan masa lalunya. Untuk bisa menaklukkan dunia, taklukkan dulu diri sendiri!  

Erik Weihenmayer adalah seorang buta yang berhasil menaklukkan Mount Everest dan menjadi motivator hebat. Mengetahui dirinya buta, dulunya dia sangat terpukul, bahkan ingin bunuh diri. Dia membutuhkan waktu bertahun tahun untuk bisa berdamai dengan dirinya. Dia berhasil menaklukkan dirinya dan selanjutnya menaklukkan Mount Everest! (untuk orang yang normal saja tidak mudah, apalagi untuk orang yang tanpa penglihatan)  
Seringkali kita banyak mempunyai konflik didalam diri kita masing masing yang bersifat destruktif dan merongrong , sehingga kita sibuk berkutat dengan hal itu terus menerus, sehingga kita tidak sempat untuk menyelesaikan hal hal diluar diri kita. Banyak bakat, potensi kita tidak keluar karena adanya konflik internal didalam diri kita. Sayang sekali!

Pembelajaran:
1.    Kita baru bisa menaklukkan hal hal diluar diri kita, setelah kita bisa menaklukkan masalah masalah didalam diri kita.
2.    Ada banyak akar masalah yang ada didalam diri kita, yang tidak kita sadari. Misalnya, kita tidak suka pada sesuatu atau seseorang. Banyak hal yang mengganggu kita yang secara tidak sadar itu berasal dari masa lalu.
3.    Kita melakukan 3M untuk masalah kita: Melupakan(buat apa mengingat ingatnya), Mengubur (gak apa2 kok, gak ada masalah), Menyepelekannya (udahlah biarin aja) yang seharusnya diselesaikan.

Tanda2 orang yang inner peace-nya kurang:
1.    Melarikan diri dari masalahnya. Misalnya: dengan mengkonsumsi narkoba, alkohol. Seseorang bisa saja mengatakan “ Ini sudah takdir, sudahlah”, atas kemalangan yang dideritanya, tapi didalam hatinya masih ada ganjalan dan dia melampiaskannya lewat alkohol. (dalam dirinya, dia masih belum bisa menerima hal itu sepenuhnya).
2.    Mimpi yang berulang ulang terjadi. Ini biasanya problem yang berhubungan dengan sesuatu hal atau peristiwa dimasa lalu.  Hal ini bisa diungkapkan lewat test penafsiran bercak tinta, atau dengan sex card. Contohnya, ada kasus dimana seorang wanita memilih kartu yang berhubungan dengan alat genital, yang biasanya mengarah kepada pengalaman masalah seksual. Ternyata dia pernah diperkosa pamannya. Peristiwa itu mendatangkan mimpi buruk yang berulang ulang pada dirinya.
3.    Ada perasaan tidak nyaman pada suatu benda atau orang. Ini menunjukkan adanya sesuatu yang tidak beres dimasa lalunya. Contoh: ada kasus seseorang yang selalu bermasalah dengan benda runcing. Ternyata sewaktu kecil dia melihat bapaknya mengancam membunuh ibunya dengan pisau. Dia begitu ketakutan, sehingga setiap melihat benda tajam, dia merasa tidak nyaman.
4.    Ada emosi yang tidak wajar ketika mengalami sesuatu. Contohnya, seseorang menjadi  histeris disaat bisnis plan nya ditolak boss. Ternyata, sikap itu muncul sebagai  dampak dari sikap ayahnya yang sangat negative (dulu). Dia pindah kota untuk menghindari ayahnya. Begitu dia menghadapi sikap negative (penolakan) dari Boss nya, reaksinya adalah histeris.  
Cara cara untuk membantu diri sendiri dan orang lain untuk mencari dan  mengatasi luka bathin, untuk menggali potensi, hypno selling, hypno diet, self hypnosis dan banyak lagi, akan diajarkan dalam training:
Hypnotherapy Plus
26-27 Sept 2011
Registrasi: 021 351 8505

Hypnotherapy akan mengatasi masalah masa lalu dengan mengajak kita kembali situasi masa lalu, dengan kondisinya, setting nya. Yang masalah dimasa lalu bisa jadi sebetulnya bukan masalah lagi dimasa sekarang, tapi masalahnya masih terekam terus dan mengganggu. Misalnya, seorang yang sewaktu kecil disoraki karena ketahuan mencuri sepotong kue (karena dia lapar), menjadi trauma setiap mendengar sorakan, yang menjadikannya tidak percaya diri. Padahal ketika itu dia masih kecil dengan pengetahuan yang terbatas. Hypnotherapy akan mengatasi masalah masalah seperti ini juga.


Tips Untuk Mencapai Inner Peace (Mengatasi Masalah  Dalam Diri) :
1.    Find it. Cari dan gali permasalahannya, jangan lari dari masalahnya ataupun melupakannya.
2.    Face it. Hadapi kembali, lihat kenyataannya. Ini akan menimbulkan pemahaman baru.
3.    Fix it. Perbaiki dan cari solusinya.
4.    Free it. Bebaskan diri dari masalahnya dengan melihat dari perspektif baru.

0 komentar:

Posting Komentar