Senin, 05 Agustus 2013

Para Alumni Licenced Trainer ELT/PLT MWS Indonesia Berkumpul & Buka Puasa Bersama 3 Agustus 2013!

Para Alumni Licenced Trainer ELT/PLT MWS Indonesia Berkumpul & Buka Puasa Bersama!
“ELT/PLT Partner Meet” 3 Agustus 2013 di Apartment Boulevard, Jakarta Pusat
Tema: “How to Handle Difficult Participants?”

Ini acara rutin yang wajib dilakukan di Miniworkshopseries International. Di berbagai negara acara ini rutin dilakukan, maka di Indonesia pun kita punya kewajiban melaksanakan acara ini secara berkala. 
Acara apa? 
Acara mengumpulkan kembali, memberi upgrade pengetahuan serta memberi info baru kepada para alumni trainer yang sudah lulus sebagai ELT (Essential Licenced Trainer) maupun PLT (Professional Licenced Trainer) dari Miniworkshopseries International. Secara international, acara ini diberi nama PARTNER MEET. Pertemuan para partner. Maksudnya pertemuan para partner ELT, maupun PLT, gitu lho!
Nah, kali ini berhubung cukup lama, tidak berkumpul maka pada saat-saat menjelang akhir Ramadhan ini, dan atas masukan dari beberapa ELT, akhirnya MWS Indonesia memutuskan untuk mengumpulkan para alumninya! Nggak gampang, karena ini sudah memasuki masa liburan. Rata-rata, yang dikontak mengatakan sudah mulai cuti dan pulang kampung.


Dan tibalah Sabtu tgl 3 Agustus 2013! 
Rata-rata orang di Jakarta sudah bersiap-siap untuk mudik lebaran. 
Menurut media massa, inilah awalnya pulang kampung. Tapi, meskipun demikian, hari Sabtu itulah yang dipakai untuk berkumpul. Dan untungnya, masih ada sekitar 20-an rekan ELT dan PLT yang bisa menyempatkan diri hadir di acara ini.

Intinya, selain menambah wawasan soal “Menghadapi Orang Sulit” yang dibawakan oleh Master Trainer MWS, Max Sandy. Juga dilanjutkan dengan acara buka puasa. Acara yang dimoderatori oleh Ibu Dian Mardi ini berlangsung meriah, akrab dan seperti biasanya…FUN! Dengan gayanya yang mengajak para peserta terlibat, partner dan sahabat saya  Max Sandy berbagi pengalamannya soal menghadapi orang sulit. Akhirnya, yang justru menarik adalah para peserta saling berbagi pengalaman serta tips mereka menghadapi 4 tipe peserta yang menyulitkan: TIPE AKRAB, ANTENG, APLIKATOR serta TIPE ANALIS yang bermasalah. Nah, tips-tipsnya menjadi bahan obrolan yang menarik. 

Salah satu yang saya sukai adalah tatkala Surya Rachmanuch, rekan trainer yang sekarang berada di Training Center Orang Tua Group berbagi pengalamannya. Menurutnya, "Saya pernah menghadapi peserta yang tampaknya baik-baik di kelas dan mengangguk penuh antusias! Tapi, saat memberi penilaian, nilainku jelek! Karena penilaian itu bisa berdampak pada karir saya, maka dengan para peserta saya mulai belajar terang-terangan mengatakan. "Kalau ada pertanyaan, silakan ditanyakan dan kalau memang pertanyaan Anda terjawab jangan sampai saya dianggap tidak menjawab pertanyaan sehingga saya dikasih penilaian buruk di lembar evaluasi training Anda". Ternyata hal itu membantunya sehingga peserta lebih hati-hati saat memberikan penilaian kepadanya! Termasuk pula, tips misalnya mendekati peserta sulit di saat-saat break dan makan siang. Rasanya menyenangkan, mendengar sharing dari rekan para trainer yang antusias ini!


So....
Selain belajar, membangun network, juga yang terpenting…saling memberikan spirit untuk mengajar dan mengembangkan orang lain, melalui training, seminar ataupun workshop yang mereka bawakan. Inilah ajang saling mengisi dan saling menguatkan yang selalu rutin dilakukan oleh Miniworkshopseries Indonesia. 

TERIMA KASIH UNTUK KEBERSAMAANNYA!
Thanks untuk teman-teman yang hadir, thanks untuk manajemen Apartment Boulevard yang memungkinkan ruangannya dipakai (dengan biaya yang minim) dan thanks atas kebersamaan yang saling mendukung di Miniworkshopseries ini!




0 komentar:

Posting Komentar