Minggu, 22 November 2020

"AH CUMA TEORI!" RAHASIA MENGUBAH TEORI YANG NJELIMET JADI TIPS? Perlu D...

Video Tips Ubah Teori Jadi Praktek

"AH CUMA TEORI!" RAHASIA MENGUBAH TEORI YANG NJELIMET JADI TIPS? Perlu disimak Para Pengajar & Penulis!

Itu judul video youtube yang baru saja saya upload hari ini. Intinya apa sih?

Intinya, saya berbagi soal sebuah proses mengubah teori atau konsep menjadi sesuatu yang mudah dicerna dan dipahami, dan diterapkan.

Salah, sataunya saya kasih contoh kasus bagaimana proses menulis buku "Ketika Pintar Saja Tidak Cukup" yang saya lewati. Teorinya ada di buku. Teorinya dari bahan kuliah psikologi.

Tapi ya itu, teori is just theory, perlu jadi sesuatu yang mudah dipraktekkan. So, saya lalu membuatnya jadi buku yang bisa dinikmati umum, meskipun dasarnya dari teori.

Saya percaya gini, "kamu nggak disebut pintar, kalau nggak bisa "membumikan" sebuah teori".

 

Dalam video ini saya perkenalkan sebuah konsep 5 tahapan yang diambil dari salah satu mata kuliah s3 saya yakni "Scholar-Practitioner Model". Hmmm... mengerikan ya namanya?

Padahal isinya sih sederhana, bagaimana cara mengubah teori jadi sesuatu yang mudah diterapkan. Biar nggak mengawang-ngawang.

 Saya akan memperkenalkan sebuah model menarik yang dihasringkan oleh profesor saya Dr.Michael Hamlin. Sebuah model yang cukup menarik, yang menantang kita buat keluar dari kepompong "teori" kita.

Makin pinter, harus makin membumi!

Bayangkan betapa sakitnya pada guru, dosen dan pengajar,  ketika mereka dibilang sama orang (khususnya praktisi),

"Ah tahunya cuma teori!"

"Cuma pintar ilmunya aja, prakteknya nol besar!"

 

Melalui video ini saya mengajak para dosen, pendidik, guru, pengajar gimana menggunakan konsep, teori dan ilmu yang dimilikinya (atau membantu mencarinya di ladang ilmu pengetahuan, riset, jurmal, buku) buat membantu para praktisi menyelesaikan masalahnya. 

 

Semoga menginspirasi ya!

Salam Antusias!

www.anthonydiomartin.com

www.hrexcellency.com

0 komentar:

Posting Komentar